ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA FRAMEWORK FLUTTER DENGAN NATIVE UNTUK PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE ABSENSI FACE RECOGNITION
DOI:
https://doi.org/10.33772/anoatik.v3i1.103Abstrak
Penelitian ini membandingkan performa antara framework Flutter dan pengembangan native dalam pembuatan aplikasi absensi berbasis face recognition. Dua prototipe aplikasi dengan fitur yang sama dikembangkan menggunakan kedua pendekatan tersebut, diikuti dengan pengujian performa yang mencakup kecepatan request data, penggunaan CPU dan RAM, serta kecepatan kompilasi file .apk. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan komparatif dengan metode Rapid Application Development (RAD). Data pengujian performa dianalisis untuk mengidentifikasi perbedaan antara kedua pendekatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi dengan pendekatan native memiliki performa yang lebih baik dalam segala aspek yang diuji, yakni kecepatan request data, penggunaan CPU dan RAM, serta kecepatan kompilasi file .apk. Implikasi penelitian ini memberikan panduan bagi pengembang aplikasi dalam memilih antara Flutter dan pengembangan native, terutama untuk aplikasi yang membutuhkan performa tinggi dan efisiensi penggunaan sumber daya. Penelitian ini juga berkontribusi pada literatur teknologi, memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing framework. Selain itu, membuka peluang untuk studi lebih lanjut mengenai optimalisasi pengembangan aplikasi mobile.
Kata Kunci:
Perbandingan framework, Aplikasi absensi, Flutter, Native developmentUnduhan
Referensi
Ceme, D., Faizah, N., & Koryanto, L. (2023). APLIKASI PRESENSI KEHADIRAN GURU DI SMKN PAKISJAYA BERBASIS FACE RECOGNITION MENGGUNAKAN OPENCV. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i1.104
Saraiva, J. A. (2024). A large-scale empirical study on mobile performance: energy, run-time and memory.
Dwi Kurniawan, F., & Nur Laila, S. (2023). Implementasi Teknologi Geolocation Pada Aplikasi Presensi Karyawan IIB Darmajaya Menggunakan Metode SCRUM Berbasis Mobile. 93, 700261.
Haris, Z. A. (2021). KOMPARASI FLUTTER DAN REACT NATIVE DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT BERGERAK.
Olsson, M. (2020). A Comparison of Performance and Looks Between Flutter and Native Applications When to prefer Flutter over native in mobile application development. www.bth.se/dipt
Pradana, I. A. (2020). ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA FRAMEWORK FLUTTER DENGAN FRAMEWORK REACT NATIVE UNTUK PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE.
Rodríguez-Sánchez Guerra, M. (2018). Cross-Platform Development Frameworks For The Development Of Hybrid Mobile Applications: Implementations And Comparative Analysis.
Salengke, M. R. (2023). APLIKASI MONITORING PRESENSI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI FACE RECOGNITION BERBASIS ANDROID.
Wibawanto, N. F., Astuti, Y. P., Anisa, N., Winarsih, S., Saraswati, G. W., & Rohman, M. S. (2023). SISTEM PERMOHONAN IJIN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL DENGAN METODOLOGI SCRUM. Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi (MISI), 6(1). https://doi.org/10.36595/misi.v5i2
Faisal, F. (2022). Game Visual Novel dengan Metode Rapid Application Development (RAD) Berbasis Mobile Learning (Doctoral dissertation, Prodi Teknik Informatika).
Christanto, E., & Wibowo, T. (2020, November). Analisis Komparasi Performa Web Application: Studi Kasus Asp. Net Mvc Dan Asp. Net Core. In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 459-466).
Sinlae, F. (2021). Prototipe Sistem Absensi Berbasis Web Dan Mobile Dengan Metode Rapid Aplication Development (Rad). Prosiding SISFOTEK, 5(1), 107-112.
Hardianto, F. (2022). Aplikasi Presensi Online WFH Menggunakan Sidik Jari Dan Face Recognition Berbasis Mobile (Studi Kasus: PT Toko Damai Sejahtera Kota Rengat) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 adhy rizaldy

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.