IMPLEMENTASI METODE SIMPLE MULTI ATRIBUTE RATING TECHNIQUE DALAM SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN EKSTRAKURIKULER (STUDI KASUS: MAN 1 KONAWE SELATAN)

Penulis

  • umu khabibah Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo
  • Natalis Ransi Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Gusti Arviana Rahman Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

DOI:

https://doi.org/10.33772/anoatik.v1i2.17

Abstrak

Penelitian ini mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis web untuk mempermudah pemilihan kegiatan ekstrakurikuler siswa SMA. Saat ini, metode manual yang digunakan dalam pengambilan keputusan ekstrakurikuler di MAN 1 Konawe Selatan menyebabkan beberapa kendala, seperti hilangnya formulir pemilihan, distribusi formulir yang tidak merata, dan kesalahan dalam memilih kegiatan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) digunakan untuk penilaian alternatif secara sistematis melalui pemberian bobot pada kriteria. Tahapan melibatkan pengumpulan data, analisis kebutuhan, dan perancangan sistem menggunakan PHP dan MySQL. Sistem ini mencakup halaman login, pengelolaan kriteria, ekskul, serta registrasi siswa. Evaluasi dilakukan dengan Confusion Matrix, menghasilkan nilai Akurasi 50%, Presisi 12%, dan Recall 0.05%. Pengujian menggunakan Black Box Testing menunjukkan sistem berjalan sesuai harapan. Sistem ini diharapkan membantu siswa dalam memilih ekstrakurikuler sesuai minat dan karakteristik, juga meningkatkan efisiensi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler oleh guru. Penelitian ini memberikan manfaat teoritis dalam penerapan metode SMART dalam pemilihan kegiatan ekstrakurikuler dan manfaat praktis bagi pengembangan sistem serupa di sekolah lain.

Kata Kunci:

Sistem Pendukung Keputusan, Metode SMART, ekstrakurikuler, website

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

T. Magrisa, K. Diah, and K. Wardhani, “Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA,” 2018.

Kholisatul Munah, “Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql Di Smk Nasional Berbah,” UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 2018.

H. Sibyan, “Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Sekolah,” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 7, no. 1, pp. 78–83, 2020, doi: 10.32699/ppkm.v7i1.1055.

Z. Azhar, “Penentuan Penempatan Karyawan Baru Di Pdam Kisaran Dengan Metode SMART,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 179–184, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurteksi/article/view/46

D. Novianti, I. Fitri Astuti, and D. M. Khairina, Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart (Simple Multi-Attribute Rating Technique) (Studi Kasus : Kota Samarinda). 2016.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-22

Cara Mengutip

khabibah, umu, Ransi, N., & Arviana Rahman, G. (2023). IMPLEMENTASI METODE SIMPLE MULTI ATRIBUTE RATING TECHNIQUE DALAM SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN EKSTRAKURIKULER (STUDI KASUS: MAN 1 KONAWE SELATAN). AnoaTIK: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.33772/anoatik.v1i2.17

Terbitan

Bagian

Artikel