ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK STEBIS IGM MENGGUNAKAN METODE PIECES FRAMEWORK
DOI:
https://doi.org/10.33772/anoatik.v2i1.21Abstrak
Sistem informasi akademik merupakan salah satu sistem informasi yang paling banyak digunakan oleh perguruan tinggi. Sistem informasi akademik dirancang untuk memenuhi kebutuhan perguruan tinggi dalam memberikan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, daya saing dan kualitas sumber daya manusia yang diciptakan. Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah Indo Global Mandiri yang dikenal dengan singkatan STEBIS IGM merupakan perguruan tinggi yang telah memanfaatkan teknologi informasi dengan mengembangkan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) STEBIS IGM. Sistem Informasi Akademik STEBIS IGM adalah sistem yang digunakan sebagai dasar kebutuhan mahasiswa memperoleh informasi terkait jadwal kuliah, pengisian krs, kartu hasil studi, nilai mahasiswa, tagihan mahasiswa, transkrip hasil perkuliahan, konsultasi, hasil studi dan informasi lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sistem informasi akademik STEBIS IGM dengan menggunakan metode Pieces Framework yang terdiri dari enam (6) variabel yaitu Performance, Information and Data, Economic, Control and Security, Efficiency, Service. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif tahun angkatan 2021 dan tahun angkatan 2022 yang menggunakan sistem informasi akademik STEBIS IGM. Hasil yang akan didapat dari penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sistem informasi akademik STEBIS IGM.
Kata Kunci:
academic administration information systemUnduhan
Referensi
Heriyanto, H. (2019). Kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi perguruan tinggi keagamaan buddha di tangerang. Jurnal Ilmiah Kampus: Sati Sampajanna, 10(1).
Relubun, D. A., Kurnia, R., & Umar, S. O. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) terhadap Kepuasan Mahasiswa pada IAIN Ambon. Jurnal TAHKIM, 15(2), 265-279.
Erika, W. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode PIECES Framework (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Panca Budi). Jurnal Mahajana Informasi, 8(1), 1-7.
Putri, N. K. A., & Indriyanti, A. D. (2021). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(2), 78-84.
Wahyuni, J., Paranthy, Y. W., & Wanto, A. (2018). Analisis Jaringan Saraf Dalam Estimasi Tingkat Pengangguran Terbuka Penduduk Sumatera Utara. Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia & Jaringan, 3(1), 18-24.
Hakim, L., & Pertiwi, T. (2018). Analisis tingkat kepuasan pengguna terhadap website stkip pgri lubuklinggau menggunakan metode pieces. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, 9(2), 26-36.
Gusti, V., Sastria, G. (2022). Evalusi Tingkat Kepuasan Pengguna Google Classroom Dengan Metode PIECES. Repository, 300, 1-14.
Machmud, R. (2018). Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus pada T3-Online). Gorontalo: Ideas Publishing, 1-73.
Priharto, S. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Retrieved Desember, 4, 2020.
Sarwono. 2018. Ilmu Kebidanan. Jakarta: P.T. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Dwi Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sevima. (2018). Manfaat Sistem Informasi Akademik Bagi Perguruan Tinggi & Mahasiswa. Sevima.Com. https://sevima.com/manfaat-sisteminformasiakademik-bagi-perguruan-tinggi-mahasiswa/
Amarusu. (2013). Sistem Informasi Akademik. Medan: Andi.
Burrahman, A. (2018). Membangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Pondok Pesantren Salafiyah Al-Baqiyatussa’diyyah Tembilahan. Sist.
J. Sist. Informasi, 6, 33-40.
Kristy, R. D., & Kusuma, W. A. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah
Malang. Engineering and Sains Journal, 2(1), 17-24.
Khairunnisa, K. (2023). Perbandingan Metode SUS dan PIECES Framework Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SAP pada PTPN IV: Comparison of the SUS Method and the PIECES Framework to Evaluate the Satisfaction Level of SAP Users at PTPN IV. Indonesian Journal of
Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE), 3(1), 82-93.
Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2018). Analisa dalam mengukur kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode PIECES. Jurnal visioner & strategis, 6(2).
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan. Andi, 4, 3-12.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kumantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, PublicRelations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.
Bahri, Syaiful, 2018. Metode Penelitian Bisnis – Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. ANDI: Yogyakarta.
Sujarweni V Wiratna. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Khairunnisa, K. (2023). Perbandingan Metode SUS dan PIECES Framework Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SAP pada PTPN IV: Comparison of the SUS Method and the PIECES Framework to Evaluate the Satisfaction Level of SAP Users at PTPN IV. Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE), 3(1), 82-93.
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33-40.
Indrawati, I., Belluano, P. L. L., Harlinda, H., Tuasamu, F. A., & Lantara, D. (2019). Analisis tingkat kepuasan pengguna sistem informasi perpustakaan menggunakan Pieces Framework. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 118-128.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi danSampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31.
Arikunto. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Erika, W. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap PenggunaanSistem Informasi Akademik Menggunakan Metode PIECES Framework(Studi Kasus: Universitas Pembangunan Panca Budi). Jurnal Mahajana Informasi, 8(1), 1-7.
Darwi, M., & Jundillah, M. L. (2023). Penerapan Metode PIECES Framework Sebagai Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik. Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI), 2(1), 59-70.
Nurhanifah, S., & Indah, D. R. (2023) Evaluasi Kepuasan Pengguna pada Sistem Informasi Akademik (SIMAK) Universitas Sriwijaya dengan Menggunakan Metode PIECES Framework. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 11(2), 339-345.
Laday, R. K., & Achmad, Y. F. (2022). Analisis tingkat kepuasan pengguna sistem informasi akademik menggunakan metode PIECES. SISKOMTI, 5(2), 16- 25. Tejokusuma, F. A., & Angriani, H. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Tierra Menggunakan Metode Pieces Framework. Kharisma Tech, 17(2), 157-171.
Putri, N. K. A., & Indriyanti, A. D. (2021). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(2), 78-84.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aprianita Kartini, Ahmad Sanmorino, Terttiavini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.