EVALUASI KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA OPEN PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) PERPUSTAKAAN MODERN SULAWESI TENGGARA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Penulis

  • Mohammad Ricky Ramadhan Rasyid Universitas Halu Oleo
  • Pravasta Guntur Kinantaka Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.33772/anoatik.v2i1.24

Abstrak

Studi ini mengevaluasi kepuasan mahasiswa pengguna Online Public Access Catalog (OPAC) di Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini mengukur lima variabel: content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan sampel sebanyak 81 responden dari populasi 102, yang dipilih secara acak. Pengamatan dilakukan langsung oleh peneliti dengan instrumen berupa angket skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 29. Hasil menunjukkan tingkat kepuasan pengguna yang sangat tinggi, dengan skor masing-masing variabel lebih dari 75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa mahasiswa pengguna merasa puas dengan penerapan OPAC di Perpustakaan Sulawesi Tenggara, menunjukkan bahwa sistem informasi perpustakaan berjalan dengan baik.

Kata Kunci:

End User Computing Satisfaction, Kepuasan Pengguna, Mahasiswa, Online Public Access Catalog, Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayati, I. R. (2015). Analisis Kinerja Online Public Access Catalogue (OPAC) Sebagai Media Temu Kembali Informasi.

Kiasati & Zulaikha. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi iPusnas Menggunakan Model End User Computing Satisfcation (EUCS). Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 175-188.

Munthe, A. S. (2019). Tingkat Kepuasan Pengguna Opac Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.

Putri, Huda, & Misroni. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Online Public Access Catalog (OPAC) di Perpustakaan Universitas Ida Bajumi Wahab (IBA) Palembang Dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Tadwin: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 92-95.

Rinjani, A. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode EUCS Dan IPA. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 123-136.

Saputra & Kurniadi (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus di IAIN Bukittinggi Menggunakan Metode EUCS. Voteknika: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informtika, 58-66.

Sugandi, M. A., & Halim, R. N. (2020). Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi

Suwanti, Yudhana, A., & Herman. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), 149-161.

Thanuskodi, S.(2012). Use of Online Public Access Catalogue at Annamalai University Library. International Journal of Information Science, 70-74.

Tugiman, Herman, & Yudhana, A. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Model Utaut Untuk Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Rumah Sakit. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1621-1630.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-20

Cara Mengutip

Ramadhan Rasyid, M. R., & Kinantaka, P. G. (2024). EVALUASI KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA OPEN PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) PERPUSTAKAAN MODERN SULAWESI TENGGARA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). AnoaTIK: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.33772/anoatik.v2i1.24

Terbitan

Bagian

Artikel