ANALISIS KINERJA JARINGAN WIRELESS LAN MENGGUNAKAN METODE QOS DAN RMA

Penulis

  • Sarah Astia Ningsih
  • Subardin
  • Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.33772/anoatik.v1i1.5

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil tentang kualitas kinerja jaringan Wireless LAN menggunakan metode QOS dan RMA di FMIPA UHO. Dalam penelitian ini digunakan lima parameter QOS yang terdiri dari throughput, packet loss, delay, jitter, dan MOS menggunakan software Wireshark. Metode RMA digunakan untuk melihat up time dan down time jaringan Wireless LAN menggunakan software PRTG.

 Masalah yang cukup mengganggu kinerja dari jaringan Wireless LAN yang ada di Gazebo FMIPA UHO adalah masalah yang ditemukan yaitu sering terputusnya koneksi, hal ini disebabkan karena media perantara pada area ini menggunakan Wireless, sehingga jarak yang cukup jauh dan banyaknya user yang terhubung sangat mempengaruhi kinerja jaringan WLAN.

Berdasarkan hasil dari pembahasan analisis, diperoleh kualitas kinerja jaringan Wireless LAN Gazebo FMIPA UHO maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Parameter QoS yaitu throughput yang menurut versi TIPHON, Kapasitas bandwidth juga berpengaruh terhadap nilai QoS. Seperti yang telah diamati kecepatan transfer data nilai rata-rata tertinggi terjadi yaitu 11,870 Kbps. 2) Nilai delay rata rata tertinggi masih dibawah 150 ms yaitu 118.19 ms. 3) packet loss nilai rata rata packet loss termasuk dalam kategori bagus, karena nilai packet loss-nya 0,7 %. 4) Jitter kategori bagus dengan nilai rata- rata 19,4 ms dan pada jam siang dengan kondisi pada jam pagi tergolong pada kategori bagus yaitu rata- rata 25,81 ms.5) Nilai MOS berdasakan penilaian responden kualitas jaringan Gazebo FMIPA UHO yaitu 44 % untuk nilai tertinggi dengan kategori netral atau cukup baik. Hasil pengukuran Untuk nilai persentasi kemampuan jaringan Wi-Fi Gazebo FMIPA UHO untuk beroperasi tanpa terjadi kegagalan menggunakan metode RMA yaitu rata-rata waktu maximal adalah 3.69 % dan waktu minimal 2,71 %. Dari hasil pengolahan data QoS dan RMA yang telah dilakukan baik itu pada kondisi jam pagi dan pada kondisi jam siang dapat disimpulkan bahwa rata-rata kualitas jaringan internet yang ada tergolong dalam kategori cukup baik , ini artinya secara garis besar jaringan internet di Wi-Fi Gazebo FMIPA UHO yaitu cukup baik.

Kata Kunci:

QoS, RMA, Whireshark, Network

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-07

Cara Mengutip

Sarah Astia Ningsih, Subardin, & Gunawan. (2023). ANALISIS KINERJA JARINGAN WIRELESS LAN MENGGUNAKAN METODE QOS DAN RMA. AnoaTIK: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33772/anoatik.v1i1.5

Terbitan

Bagian

Artikel