OPTIMALISASI PENGGUNAAN WHATSAPP SEBAGAI ALAT MANAJEMEN KEARSIPAN DI KALANGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.33772/anoatik.v2i2.65Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan WhatsApp sebagai alat manajemen kearsipan dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Studi ini mengukur empat variabel, yaitu Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Using, dan Behavioral Intention to Use. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei digunakan dalam penelitian ini, melibatkan 88 mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Halu Oleo angkatan 2024. Instrumen penelitian berupa kuisioner menggunakan skala Likert untuk mengevaluasi persepsi mahasiswa terhadap kemudahan dan manfaat penggunaan WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use memiliki nilai rata-rata sebesar 3.7, yang dikategorikan sebagai optimal. Sementara itu, variabel Attitude Toward Using mencapai mean 3.5 yang juga termasuk dalam kategori optimal. Namun, variabel Behavioral Intention to Use menunjukkan nilai rata-rata 3.4, yang belum mencapai kategori optimal. Secara keseluruhan, WhatsApp dipersepsikan sebagai alat yang bermanfaat dan mudah digunakan, meskipun ada ruang untuk meningkatkan niat penggunaan secara berkelanjutan
Kata Kunci:
Mahasiswa, Manajemen Kearsipan, Optimalisasi, TAM, WhatsappUnduhan
Referensi
Baishya, D., & Maheshwari, S. (2020). WhatsApp Groups in Academic Context: Exploring the Academic Uses of WhatsApp Groups among the Students. Contemporary Educational Technology, 31-46.
Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Davis, F. (1985). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information Systems: Theory and Results.
Fanani, A. R. (2023). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Sebagai Digital Marketing Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Program Studi Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Lee, C. E., Chern, H. H., & Azmir, D. A. (2023). WhatsApp Use in a Higher Education Learning Environment: Perspective of Students of a Malaysian Private University on Academic Performance and Team Effectiveness. MDPI Education Sciences.
Rinjani, A. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode EUCS Dan IPA. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 123-136.
Siregar, N. M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapps sebagai Media Pembelajaran Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi. Hikmah UIN Syahada PadangSsidimpuan, 151-168.
Suárez-Lantarón, B., Deocano-Ruíz, Y., García-Perales, N., & Castillo-Reche, I. S. (2022). The Educational Use of WhatsApp. MDPI Sustainability.
Tugiman, Herman, & Yudhana, A. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Model Utaut Untuk Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Rumah Sakit. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1621-1630.
We Are Social. (2023, 01). Diambil kembali dari https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/
WhatsApp. (2024). Diambil kembali dari https://www.whatsapp.com/stayconnected
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mohammad Ricky Ramadhan Rasyid
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.