SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILAHAN KARYAWAN TETAP MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS

Penulis

  • Pelagia Arivion Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wahyudin

DOI:

https://doi.org/10.33772/anoatik.v1i2.7

Abstrak

Karyawan merupakan motor penggerak agar proses bisnis dalam sebuah perusahan dapat berjalan dengan lancar. Dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi karyawan salah satu upaya yang dilakukan adalah pengangkatan karyawan menjadi karyawan tetap untuk menciptakan sumber daya manusia yang baru.Seleksi pengangkatan karyawan tetap pada PT. Pana Indo Alkestama seringkali terjadi kekeliruan, salah satunya adalah pemilihan tenaga kerja yang masih tidak obyektif atau masih tergantung atasannya. Berdasarkan hal tersebut, perlu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). solusi hal tersebut yaitu menerapkan metode pengambilan keputusan yaitu AHP dan TOPSIS. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden diantaranya: manager HRD, Staf HRD, dan Administrasi. Kemudian data tersebut diolah menggunakan Microsoft Excel.Hasil pada metode AHP dan TOPSIS dengan alternatif terpilih sama yaitu Bapak Syaiful. Dapat diketahui bahwa metode AHP dan TOPSIS relevan untuk pemilihan karyawan tetap di PT Pana Indo Alkestama.

Kata Kunci:

Sistem Pendukung Keputusan, Metode AHP dan TOPSIS, Karyawan, Pengangkatan Karyawan Tetap.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Rahmansyah, N., & L. S. A. Sistem Pendukung Keputusan. (2021).

Ferry Susanto, S. Kom., M. T. I. Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish. 2020.

Ul’fah Hernaeny, M. P. Populasi Dan Sampel. Pengantar Statistika, 1, 33, 2021.

Agusli, R., Dzulhaq, M. I., & Irawan, F. C. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Ahp-Topsis. Academic Journal of Computer Science Research, 2(2). 2020.

Oktavia, S. L., & Nono, A. Penggunaan Metode Ahp (Analitycal Hierarchy Process) Dalam Penyaluran Dana Sosial Untuk Pemberian Beasiswa Bagi Anak Asuh Yayasan Tangan Pengharapan. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 10(1). 2021.

Andika, T., & F. N. I. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis. Aisyah Journal Of Informatics and Electrical Engineering, 1(1), 39–45. 2019.

Fauzi, A., Indriyani, N., & Yanto, A. B. H. Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap Menggunakan Metode Analytic Hierachy Process. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 6(1), 1-8. 2020.

Niqotaini, Z. Penerapan Dan Perbandingan Metode Ahp Dan Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik. Technologia: Jurnal Ilmiah, 14(2), 140–145. 2023

Sari, P. P. Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap Pt. Triagung Abadi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Procces (Ahp). Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi (Jatilima), 3(01), 8-15. 2021.

Septilia, H. A., Parjito, P., & Styawati, S. Sistem pendukung keputusan pemberian dana bantuan menggunakan metode ahp. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 34-41. 2020

Zy, A. T., & Fahrizal, A. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Ahp Dan Topsis Pada Pt. Brilliant Jaya Inti. Jurnal SIGMA, 10(3), 135-145. 2019.

Setiawan, D., & Wicaksono, R. Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik di CV. MABERTECH. Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory, 2(1). 2021.

Lubis Muzaki. Mudah Paham: Pengertian dan Contoh Studi Kasus Metode AHP. 2020 [online]. Avaible: https://www.pengadaanbarang.co.id/2022/03/contoh-metode-ahp-adalah.html

Metode TOPSIS: Pengertian, Cara Kerja dan Penerapannya. KANTINIT, 2022

Anufia, B., & Alhamid, T. Instrumen pengumpulan data. 2019

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-22

Cara Mengutip

Arivion, P., & Wahyudin. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILAHAN KARYAWAN TETAP MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS . AnoaTIK: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(2), 50–53. https://doi.org/10.33772/anoatik.v1i2.7

Terbitan

Bagian

Artikel