ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI E-VOTING PEMIRA UNIVERSITAS HALU OLEO: PERLUASAN TECNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DENGAN TRUST IN INTERNET SEBAGAI VARIABEL MODERATOR
DOI:
https://doi.org/10.33772/anoatik.v2i2.72Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap tingkat penerimaan aplikasi e-voting dalam PEMIRA Universitas Halu Oleo menggunakan TAM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan aplikasi SPSS. Technology Acceptapnce Model (TAM) merupakan kerangka kerja yang dapat digunakan untuk memahami perilaku pengguna terhadap teknologi. TAM adalah suatu model yang menjelaskan bagaimana pengguna teknologi menerima dan menggunakannya. Menurut teori ini, model perilaku seseorang dipengaruhi oleh tujuan perilaku. Sikap atas perilaku tersebut menentukan tujuan perilaku tersebut. Dalam konteks ini, variable yang digunakan yaitu perceived usefulness dan perceived ease of use, Attitude Toward Using, Behavioural Intension to Use Actual Use dan Trust In Internet. Dari ke 6 variabel tersebut terdapat 8 hipotesis dan dari 8 hipotesis tersebut 7 hipotesis diterima dan sisanya ditolak. Berdasarkan hasil analisis Kepercayaan terhadap internet mampu memoderasi terhadap hubungan antara persepsi terhadap kemanfaatan dan perilaku untuk menggunakan, sumbangan pengaruh variabel PU terhadap variabel BITU setelah adanya variabel moderasi adalah sebesar 97,3%.
Kata Kunci:
E-voting, TAM, Trust in InternetUnduhan
Referensi
Rahayu, F. S., Budiyanto, D., & Palyama, D. (2017). Analisis Penerimaan ELearning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2), 87–98. ttps://doi.org/10.21460/jutei.2017.12.20
R. D. Valentin, B. Diwangkara, J. Jupriyadi, And S. D. Riskiono, “Alat Uji Kadar Air Pada Buah Kakao Kering Berbasis Mikrokontroler Arduino,” J. Tek. Dan Sist. Komput., Vol. 1, No. 1, Pp. 28–33, 2020, Doi:
Ardianto, K., & Azizah, N. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol. 23 No. 01, 13-26
Neolaka, Amos. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung : Remaja Rosdakarya
Aprilia, A. R., & Santoso, T. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness Dan Attitude Towards Using Terhadap Behavioural Intention To Use Pada Aplikasi Ovo. Agora, 8(1), 1–6.
Azalia, B. N., & Susanti, S. (2021). Penerimaan Pengguna Aplikasi Marketplace Shopee Sebagai Media Belanja Online (Tam). EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 2(1), 8–14.
Muliadi, M. L., & Japarianto, E. (2021). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Behavior Intention Melalui Perceived Usefulness Sebagai Media Intervening Pada Digital Payment Ovo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 20–27. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.20-27
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fazlul Rachmat Mubbaraq, Natalis Ransi , Ferdinand Murni Hamundu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.