IDENTIFIKASI TITIK KEPUTUSAN DALAM PROSES BISNIS OTOBUS
DOI:
https://doi.org/10.33772/anoatik.v2i2.83Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengoptimalkan proses bisnis pada perusahaan otobus menggunakan pendekatan sistem ERP (Enterprise Resource Planning).Metode yang digunakan adalah pendekatan Business Process Modeling and Notation (BPMN) untuk memetakan alur kerja, serta analisis berbasis data untuk mengevaluasi efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 titik keputusan utama dalam proses bisnis, yaitu validitas pesanan tiket, ketersediaan kursi, penjadwalan keberangkatan bus, perencanaan rute, pembuatan invoice, penjadwalan pemeliharaan, dan pemenuhan kebutuhan suku cadang. Implementasi sistem ERP dengan metode BPMN . Penelitian ini merekomendasikan pengembangan sistem ERP yang lebih luas dengan memanfaatkan analitik data lanjutan dan kecerdasan buatan (AI). Teknologi ini dapat mendukung prediksi kebutuhan operasional, seperti permintaan tiket, alokasi armada, dan optimasi rute perjalanan, untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ERP merupakan solusi strategis untuk mendukung keberlanjutan dan daya saing perusahaan otobus di era digital.
Kata Kunci:
proses bisnis, titik keputusan, perusahaan otobus, efisiensi operasional, teknologi ERPUnduhan
Referensi
I. Madanhire dan C. Mbohwa, “Enterprise Resource Planning (ERP) in Improving Operational Efficiency: Case Study,” Procedia CIRP, vol. 40, hlm. 225–229, 2016, doi: 10.1016/j.procir.2016.01.108.
B. Aprillianie dan M. S. Muarie, “Pemodelan Proses Layanan Donasi Pada Dompet Dhuafa Menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN),” vol. 1, no. 1, 2023.
A. P. Permana, M. A. Yaqin, K. Ainiyah, N. O. Ningtias, dan Abd. C. Fauzan, “Analisis Titik Keputusan dalam Manajemen Proyek Berbasis Business Process Modelling Notation,” Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Inform., vol. 3, no. 3, hlm. 314–322, Des 2021, doi: 10.28926/ilkomnika.v3i3.329.
S. Elizzah, M. A. Yaqin, I. N. Hidayah, D. D. Handoyono, dan Abd. C. Fauzan, “Pemodelan Keputusan dalam Manajemen Proyek Berbasis Decision Model and Notation,” Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Inform., vol. 3, no. 3, hlm. 387–399, Des 2021, doi: 10.28926/ilkomnika.v3i3.355.
E. T. Asmoro, “PEMODELAN PROSES BISNIS STUDI KASUS MAGISTER TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS XYZ MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS MODEL AND NOTATION (BPMN),” vol. 4, 2020.
M. F. Ramadhan, H. Aryadita, dan B. T. Hanggara, “Pemodelan Proses Bisnis dengan Business Process Modelling Notation Pada Menara Wisata Tour & Travel Umrah”.
D. Rosmala, “PEMODELAN PROSES BISNIS B2B DENGAN BPMN (STUDI KASUS PENGADAAN BARANG PADA DIVISI LOGISTIK),” 2007.
B. Aprillianie dan M. S. Muarie, “Pemodelan Proses Layanan Donasi Pada Dompet Dhuafa Menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN),” vol. 1, no. 1, 2023.
R. A. Y. Manurung dan A. D. Manuputty, “Perancangan Sistem Informasi Lembaga Kemahasiswaan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga,” J. SITECH Sist. Inf. Dan Teknol., vol. 3, no. 1, hlm. 9–20, Jun 2020, doi: 10.24176/sitech.v3i1.4703.
“1579-3140-1-SM.”
S. Lindawati dan M. Hendri, “PENGGUNAAN METODE DESKRIPTIF KUALITATIF UNTUK ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN KOTA SIBOLGA PROVINSI SUMATERA UTARA,” 2016.
S. Wibisono, “Enterprise Resource Planning (ERP) Solusi Sistem Informasi Terintegrasi,” Enterp. Resour. Plan., 2005.
A. Firdaus, “Pemodelan Proses Bisnis Konveksi di Tasikmalaya dengan Business Process Model and Notation (BPMN),” J. Ekon. Dan Bisnis Digit., vol. 1, no. 3, hlm. 133–142, Sep 2022, doi: 10.55927/ministal.v1i3.826.
A. V. A. Putri dan A. Widayanti, “Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Keuangan Pelayanan Jasa pada Perawatan Kecantikan : Modul Penerimaan Kas (Studi Kasus di Salon Muslimah, Sumatera Selatan)”.
S. K. Sari, “Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Prosedur Pelaksanaan Proyek Akhir Sebagai Alat Bantu Identifikasi Kebutuhan Sistem,” vol. 7, no. 2, 2015.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aaziza Mun
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.